Startup Keanggotaan E-Commerce Cosmart Menerima Dana Awal Rs.76 Miliar

Startup keanggotaan e-commerce Cosmart mengumumkan pendanaan awal sebesar US$5 juta (atau sekitar 76,3 miliar rupiah) dari Lightspeed, East Ventures, Vertex Ventures Southeast Asia & Asia, diikuti oleh angel investor Henry Hendrawan dan Albert Lucius.

Tujuan Cosmart adalah memberikan pengalaman belanja rutin yang mudah dan hemat biaya sehingga Anda dapat menghemat dari berbagai aspek untuk fokus pada hal yang lebih penting.

Dana segar akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur, membangun tim yang kuat dan kemitraan dengan klien dan pemain kunci dalam ekosistem rantai pasokan.

Cosmart memposisikan dirinya sebagai one-stop solution bagi konsumen yang ingin berbelanja kebutuhan bulanan mereka. Dengan membayar biaya keanggotaan, konsumen mendapatkan akses ke produk berkualitas tinggi dengan harga lebih rendah, dapat mengklaim bahwa mereka tidak dapat ditemukan di platform e-commerce lain, dan memiliki kesempatan untuk mencoba sampel produk dari merek baru.

Biaya berlangganan saat ini ditawarkan mulai dari Rp 29.900 selama tiga bulan selama masa promosi. Anggota menerima penawaran harga khusus dengan penghematan hingga 10% lebih banyak, pengiriman gratis dengan minimum pemesanan Rp 250.000, dan produk gratis.

Cosmomart mengembangkan teknologi yang memudahkan pengguna untuk menemukan, mengeksplorasi, dan memilih merek dan produk baru. Keunggulan ini membuat mereka optibis untuk dapat menawarkan pengalaman berbelanja yang cerdas dan menguntungkan kepada pengguna.

Startup ini didirikan pada kuartal kedua tahun ini, diprakarsai oleh Alvin Kumarga dan Robert Tan, yang memiliki pengalaman luas dalam menciptakan dan mengembangkan perusahaan. Alvin, yang sebelumnya menjabat sebagai SVP Financial Services di Traveloka, Airy Rooms dan Boston Consulting Group.

Cosmart mengklaim telah menjual lebih dari 100.000 produk di 10 kategori produk dan bekerja sama dengan lebih dari 80 produsen. Pertumbuhan bisnis Cosmart dilaporkan telah tumbuh 6x selama tiga bulan terakhir, dan volume pembelian bulanan 4x lebih tinggi dari aktivitas pembelian di platform lain.

Masing-masing investor menyampaikan pernyataan komitmennya melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan hari ini (3/10). Salah satunya, co-founder dan managing partner East Ventures, Willson Weather. Ia mengatakan: “[..] Indonesia memiliki potensi besar untuk industri perdagangan. Kami percaya Alvin dan timnya akan memanfaatkan kesempatan ini dan membawa lebih banyak pertumbuhan dan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.”

Gary Khoeng, Partner di Vertex Ventures SEA & India menambahkan: “[..] Karena lanskap ritel Indonesia terus berkembang pesat, kami sangat percaya pada pendekatan baru Cosmart untuk melayani segmen pelanggan yang lebih besar yang menghargai nilai dan berbelanja dengan hati-hati, di antara banyak manfaat lainnya. sebagai anggota, apalagi saat ini inflasi melonjak dan biaya kebutuhan sehari-hari [..].”

Alvin Kumarga, Co-Founder dan CEO Cosmart, mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan investor untuk memulai misi membantu pengguna di Indonesia membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

“Di Cosmart, kami fokus untuk menyediakan produk konsumen yang berkualitas dengan harga yang kompetitif sehingga pengguna kami selalu merasa mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka dan merasa senang apakah mereka menemukan merek baru yang sudah ada atau yang akan datang, sampel gratis atau menerima manfaat keanggotaan lainnya, ” ucap Alwin.

Sumber :